jump to navigation

bikin KTP hanya satu menit Desember 13, 2008

Posted by witart in tauladan.
Tags: , , ,
trackback

Di Sragen, Bikin KTP hanya Satu Menit
Endonesia, Rabu, 24-September-2008, 15:12:58

Semarang, Kominfo Newsroom -– Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sragen (22/9) lalu, tertarik dengan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang hanya butuh waktu satu menit.

Dengan antusias, orang nomor satu di Jawa Tengah itu langsung menuju ke ruang pembuatan kartu identitas di Badan Pelayanan Terpadu (BPT).

Gubernur langsung duduk di depan kamera untuk difoto dengan sistem komputerisasi. Dalam sekejap, fotonya sudah bisa dicetak di KTP yang memuat pula data-data pribadi. “Weh, kok iso cepet yo? (Wah kok bisa cepat ya?),” kata Bibit Waluyo.

Bupati Sragen, Untung Wiyono yang saat itu didampingi Kepala BPT, Maksun Isnadi dan tamu undangan menjelaskan, kinerja sistem pembuatan KTP dengan teknologi komputerisasi.

Setelah menerima penjelasan, Gubernur menanyakan mengapa kabupaten yang lain tidak mencontoh Sragen. “Yen niru apik ora apa-apa. Ora perlu isin. (Kalau meniru yang baik tidak apa-apa, tidak perlu malu),” kata Gubernur dengan logat jawa.

Lebih lanjut Bupati Untung menjelaskan sudah banyak kabupaten/kota di Jateng maupun tanah air yang sudah melakukan studi banding mengenai Sistem Pelayanan Satu Atap, termasuk pembuatan KTP elektronik langsung jadi. “Untuk pembuatan KTP elektronik, sudah bisa ditangani di 20 kecamatan,” paparnya kemudian.

BPT melayani 25 perijinan dalam pelayanan satu atap yang ditangani cepat, tepat, transparan, dan murah. Salah satu diantaranya adalah pelayanan pembuatan KTP elektronik. Sejumlah kelurahan juga dipersiapkan untuk bisa melayani pembuatan KTP langsung jadi. Bibit Waluyo mengaku puas dengan kinerja BPT Sragen. Dia berharap setiap kabupaten di Jawa Tengah ada semacam BPT seperti di Sragen.

Gubernu r juga menanyakan biaya peralatan pembuatan KTP elektronik dan pelatihan untuk menyiapkan SDM-nya. Bupati Untung menjelaskan biayanya sangat murah.

“Sekitar 50an juta lebih sedikit. Sangat murah Pak Gub,” jelas Bupati. Sejumlah tenaga ahli BPT dan Pusat Data Elektronik (PDE) Sragen siap diperbantukan di kabupaten/kota untuk memasang fasilitas pembuatan KTP elektronik.

Selain mengunjungi BPT, Gubernur beserta rombongan juga berkenan membuka Bazar Kreativitas Sragen 2008, pembangunan Techno Park (Taman Teknologi), dan meresmikan SPBU Nglangon yang dikelola Pemda Sragen. (evi/flo/id)

sumber :
endonesia

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: