jump to navigation

rekening Dephukham dilaporkan Januari 3, 2009

Posted by witart in contoh buruk, regulasi, tauladan.
Tags: , , , ,
trackback

Tematik : peran data dan informasi

PENERTIBAN ANGGARAN
Rekening Dephukham Dilaporkan
Sabtu, 3 Januari 2009 | 02:06 WIB

Jakarta, Kompas – Salah satu rekening Departemen Hukum dan HAM yang terkait Tim Likuidasi Bank Harapan Sentosa milik Hendra Rahardja dilaporkan Pelaksana Jabatan Menko Perekonomian, yang merangkap Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Laporan disampaikan saat mengikuti rapat koordinasi di Departemen Keuangan, Rabu (31/12) lalu. Rekening yang dilaporkan merupakan salah satu contoh rekening yang ditutup Dephukham, tetapi baru sebagian kecil dananya yang disetorkan ke Kantor Kas Negara.

Inspektorat Jenderal Depkeu Hekinus Manao, yang juga mantan Ketua Penertiban Rekening Liar Depkeu, mengatakan hal itu kepada Kompas kemarin.

”Dana ke rekening itu awalnya Rp 3,9 miliar. Sebagian terpakai untuk membayar honorarium anggota, yaitu Rp 600 juta lebih. Harusnya, sisanya saat ditutup jumlahnya Rp 3,3 miliar lebih. Akan tetapi, hanya Rp 5,5 juta yang disetor,” ujar Hekinus.

Menurut Hekinus, salah satu rekening yang harus ditelusuri Komisi Pemberantasan Korupsi adalah rekening itu. ”Selain menelusuri jumlah yang sebenarnya, jumlah pembayaran honorarium anggota tim pun harus ditelusuri apa sebesar itu,” katanya.

Jangan terulang

Menanggapi laporan itu, lanjut Hekinus, Presiden Yudhoyono meminta Menkeu untuk tidak membiarkan terulangnya kembali penempatan dana negara di departemen atau lembaga pemerintah nondepartemen di rekening yang tidak jelas.

Mantan Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra, yang pernah membentuk tim gabungan untuk menelusuri aset Hendra Rahardja, saat dihubungi mengaku tidak tahu-menahu soal teknis rekening departemennya saat ia menjabat. Dalam susunan tim gabungan tersebut, Yusril tercatat sebagai penasihat.

Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta sebelumnya pernah menjelaskan bahwa departemennya telah menyerahkan saldo rekening 11779855 yang dipergunakan untuk menampung aset Hendra Rahardja sebesar Rp 5,521 juta ke kas negara. Adapun dana Rp 3,303 miliar yang merupakan dana Hendra Rahardja telah ditransfer ke rekening 11779855 Tim Likuidasi Bank Harapan Sentosa-Dalam Likuidasi. (Kompas, 12 Januari 2008).(HAR)

sumber:
[1] kompasCetak
[2] retribusi pemda

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: